Wisata PLG-Sebelat Dapat Suntikan Dana

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID – Pemprov Bengkulu dan pemerintah pusat mulai memberi sinyal positif terkait dukungan terhadap pengembangan potensi wisata PLG-Sebelat di Desa Suka Baru Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS).

Diakui Kades Suka Baru, Wakidi, S.IP, rencana Pemrov yang memberikan dukungan program terhadap pengembangan wisata di desanya dalam bentuk pembelian alat berat berupa eksavator mini, tak jadi direalisasikan. Teranyar, informasi yang diterima Kades, dukungan program terhadap upaya pengembangan wisata itu akan diberikan dalam bentuk suntikan dana. Namun ditegaskan Kades, dana senilai Rp 100 juta lebih yang akan dikucurkan ini, tidak untuk kegiatan pembangunan fisik. Tapi untuk mendukung jalannya kegiatan atau event tahunan yang dikelola oleh pelaku wisata di desa.

“Kita dapat dukungan program wisata nusantara, dana sekitar Rp 100 juta untuk menggelar event yang menjadi kalender tahunan,” ujar Kades.

Diungkapkan Kades, melalui suntikan dana tersebut, pelaku wisata diberi kebebasan untuk mengelola dan mengelar event, seluruh biaya bisa didanai dari bantuan dana tersebut.

“Kita sudah siapkan sejumlah event, salah satunya pentas seni. Kita akan gelar festival kesenian meliputi seni tari gandai dan kuda lumping. Kita targetkan event ini bisa kita laksanakan di momen lebaran,” jelas Kades.

Lebih jauh dikatakan Kades, suntikan dana ini ada out put yang menjadi target pemerintah pusat kepada pengelola wisata di desa. Kades berharap, event harus berjalan sukses dan bisa dilaksanakan dengan sungguh-sungguh.

“Tentu ada out put yang menjadi tanggung jawab kita. Poin penting yang diharapkan meliputi pendapatan yang bisa kita serap, peran masyarakat dan dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat atas terselenggaranya event itu. Kita harus maksimal dan sungguh-sungguh, supaya out put yang diminta pemerintah bisa terpenuhi dan kedepan, dukungan program bisa kita dapat lagi,” demikian Kades.(sig)

__Terbit pada
22 Januari, 2022
__Kategori
News