Wabup Minta Pelaku UMKM Kreatif

ARGA MAKMUR RU.ID – Seiring dengan semakin banyaknya produk asli daerah yang bermunculan pasca adanya program pemerintah untuk mengangkat produk-produk tersebut, serta adanya wadah atau asosiasi yang menaungi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di masing-masing daerah. Maka dari itu, semua pelaku UMKM diminta untuk kreatif dan cerdas melihat pangsa pasar dari produk yang telah dihasilkan, sehingga bisa lebih dikenal luas dan menjadi salah satu sumber pendapatan ekonomi daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Bengkulu Utara (BU), Arie Septia Adinata, SE, M.Ap, dalam agenda rapat bersama bersama perwakilan Kepala daerah di Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu, dimana dirinya berharap pelaku UMKM yang sudah berada dinaungan GeAru bisa terus meningkatkan kemampuan dan cerdas melihat peluang di sekitar.

“Saat ini asosiasi GeAru sendiri sudah ada di hampir seluruh kecamatan dan juga berjalan dengan cukup baik,” ungkapnya.

Salah satu rencana kerja dari asosiasi saat ini yakni memanfaatkan limbah kelapa sawit yang saat ini masih salah satu komiditi unggulan di Kabupaten BU, yakni dengan pemanfaatan lidi sawit sebagai bahan baku untuk pembuatan piring atau lebih sering dikenal masyarakat dengan Ingke, serta pembuatan bahan kerajinan lainnya yang tentunya bernilai ekonomi.

“Di beberapa kecamatan lidi sawit ini sudah mulai dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat dan sejauh ini sudah mulai ada peminatnya, terutama ingke yang sering dilirik oleh pelaku rumah makan karena penggunaannya dianggap lebih praktis,” imbuh Wabup.

Selain limbah sawit, komoditi lainnya juga mulai banyak dimanfaatkan, baik pengolahan limbah sapi yang bisa digunakan untuk pembuatan pupuk cair maupun padat, pemanfaatan limbah kain, maupun pengolahan dari bahan asli sekalipun yang bisa bernilai ekonomi.
“Kami harap semua pelaku UMKM bisa lebih kreatif lagi, sehingga semua hasil produk bisa terus dikenal baik ditingkat daerah, nasional maupun ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” harap pria yang selalu rutin berolahraga sepeda ini. (mae)

__Terbit pada
21 Mei, 2022
__Kategori
Metropolis