Truk Batu Bara “Ngubang” di Jalinbar

KETAHUN RU.ID – “Sabar om, truk batu bara kepanasan. Lagi ngubang sebentar,” kata Anton, seorang siswa SD berseragam Pramuka yang turut menyaksikan kemacetan lalulintas di jalur ini.

Peristiwa itu, terjadi sekitar 11.45 WIB, Sabtu (15/01) siang tadi. Antrean mengular di Jalan Lintas Barat Sumatera (Jalinbar) tepatnya di Dusun 3 Desa Giri Kencana Kabupaten Bengkulu Utara – Bengkulu. Arus lalulintas dari Bengkulu – Mukomuko dan sebaliknya, lumpuh sekitar satu jam.

Ini terjadi akibat satu unit truk angkutan batu bara terperosok di lubang yang menganga dan berlumpur di tengah badan jalan nasional, tepat di depan Masjid Jamik Al Hidayah.

“Dari tadi malam sudah beberapa kali macet. Rusak parah, lubang setinggi lutut orang dewasa dan berlumpur,” kata Warsito, salah seorang warga Giri Kencana.

Dikatakannya, titik kerusakan ini sudah lama terjadi dan belum mendapatkan penanganan permanen. Kata dia, pernah dilakukan perbaikan sementara dengan menimbun material koral.

Sayangnya, intensitas angkutan yang padat dengan tonase tinggi, menyebabkan badan jalan amblas dan membentuk lubang dalam dan berlumpur.

Pantauan RU di lapangan, arus lalulintas kembali normal setelah puluhan sopir angkutan berhasil mengevakuasi truk yang terjebak.

Terlihat pula, sejumlah warga bergotongroyong menimbun lubang di badan jalan itu, menggunakan batu dan tanah di sekitar lokasi agar arus lalulintas dapat berjalan normal. (**)

Tinggalkan Balasan