TMMD 2021, Kodim 0423/BU Buka Akses Jalan Antar Desa

HULU PALIK RU – Pembukaan akses jalan penghubung Desa Batu Roto menuju Desa Pematang Balam, Kecamatan Hulu Palik, Kabupaten Bengkulu Utara (BU) secara resmi dilaksanakan oleh Kodim 0423/BU melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) imbangan tahun 2021.

Kegiatan itu ditandai dengan kegiatan titik nol pembangunan yang dilaksanakan, Kamis (20/5/2021) oleh jajaran Kodim 0423/BU bersama PUPR Kabupaten BU, Camat Hulu Palik, Pemerintah Desa Batu Roto dan disaksikan langsung oleh masyarakat setempat.

Dandim 0423/BU, Letkol. Inf. Agung Pramudyo Saksono, S.Sos, M.Si melalui Pasi Teritorial, Kapt. Inf. Syafrudin di dampingi Serma. Sarwono dalam kesempatan itu mengatakan, pembukaan akses jalan penghubung antar desa di wilayah Kecamatan Hulu Palik yang akan dilaksanakan ini meliputi pembukaan badan jalan panjang 1.400 meter, pembangunan jembatan kayu satu unit, gorong-gorong dengan diamater 60 cm satu unit, gorong-gorong dengan diameter 1 meter lima unit.

“Total anggaran kegiatan TMMD Imbangan ini Rp 756 juta,” ungkapnya.

Ia juga menargetkan pembangunan yang dilaksanakan itu, akan diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih satu bulan kedepan.

“10 hari pertama, terhitung hari ini kita laksanakan untuk pra pembangunan dengan menerjunkan 10 orang personil, untuk membuka badan jalan dan memasukan gorong-gorong. Kemudian dilanjutkan lagi 21 hari kedepannya, untuk pelaksanaan kegiatan pembangunan jembatan, gorong-gorong dan finishing jalan,” jelasnya.



Sementara itu, Sekdes Batu Roto, Madrizal mengaku sangat berterimakasih atas pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan jajaran Kodim 0423/BU ini. Pihaknya mengaku sudah bertahun-tahun menunggu adanya sentuhan pembangunan jalan penghubung antar desa itu.

“Tahun 2018 lalu, kami usulkan pembangunan jalan ini kepada Pemerintah Daerah dan juga Kodim 0423/BU melalui program TMMD. Alhamdulillah, tahun 2021 ini usulan kami di realisasikan,” ujarnya.

Madrizal mengatakan, akses jalan ini sangatlah penting bagi masyarakat. Sebab, selain akan menjadi akses jalan penghubung antar desa. Jalan tersebut juga bakal banyak membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan.

“Selama ini masyarakat hanya bisa melewati jalan setapak dan medannya sangat sulit untuk mengeluarkan hasil pertanian. Mudah-mudahan kesulitan para petani bisa segera berakhir, dengan adanya pembangunan jalan ini,” harapnya. (sfa)