Tingkatkan Kualitas, Prajurit Lanal Dibekali Latkamla

BENGKULU RU – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu membekali prajuritnya melalui Latihan Keamanan Laut (Latkamla). Latkamla semester pertama tahun ini yang digelar Rabu (23/6) tersebut, bertujuan untuk meningkatkan kualitas para prajurit terutama dalam melakukan pengamanan di laut.

Danlanal Bengkulu, Letkol Laut (P). Yudi Ardian SH, MaritimePol, MA mengatakan, dalam Latkamla ini para prajurit yang menjadi peserta diberikan pembekalan tentang faktor kerawanan, pengetahuan intelijen, Prokes Kesehatan, penanganan tindak pidana tertentu oleh Pangkalan, pengetahuan UU RI tentang pelayaran dan perikanan.

“Selain itu juga pengetahuan penyidikan prosedur pengejaran, penangkapan dan penyelidikan (Jarkaplid), serta Visit Board Search and Seizure (VBSS) yang tentunya sesuai dengan Peraturan Kasal No Perkasal/32/V/2009 tentang protap Kamla. Dimana pembekalan itu diberin langsung dari nara sumber,” ungkap Danlanal yang juga menjadi narsumber.

Menurutnya, pelatihan yang juga melibatkan Komandan Kapal Angkatan Laut (KAL), Perwira Staf dan Pers Lanal BKU berlangsung selama 2 hari.

“Masing-masing bagian bakal mengasah kemampuan dibidang kekamlaan, terutama dalam mengatasi permasalahan penegakkan hukum yang terjadi dalam wilayah kerja khususnya Lanal Bengkulu,” kata Yudi.

Latihan ini, lanjutnya, merupakan program Mabes TNI AL yang dilaksanakan pihaknya untuk meningkatkan kemampuan prajurit. Bersamaan itu juga bertujuan untuk menyamakan pola pikir, pola tindak dan pola sikap serta menguji dokrin dalam operasi keamanan laut.

“Sehingga nantinya tercipta kondisi keamanan laut yang kondusif,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakannya, selama latihan para peserta dituntut untuk bertindak cepat, tepat, dan efektif serta dapat memecahkan persoalan dengan solusi terbaik.

“Terutama dalam menghadapi dinamika permasalahan pelanggaran hukum yang terjadi di laut, yang tentunya harus disesuaikan dengan standar prosedur operasi dan perundang-undangan,” singkat Danlanal. (tux)