Terulang Tiga Kali, Injatama Harus Disanksi

KETAHUN RU – Menyikapi persoalan PT Injatama yang diduga dengan sengaja membuang Batu Bara (BB) di laut Ketahun, masyarakat meminta PT Injatama diberikan sanksi tegas oleh pemerintah. Pasalnya, selain bisa mencemari lingkungan, batu bara juga bisa merusak lingkungan hingga generasi muda tidak bisa lagi menikmati ikan yang sehat.

“PT injatama membuang batu bara ke laut kali ini, sudah ke tiga kalinya, namun yang paling parah kali ini,” ungkap Heri, warga sekitar pantai Ketahun.

Lanjut heri, kejadian sebelumnya, masih bisa dimengerti warga karena gejala alam yang mendamparkan tongkang hingga batu bara harus dibuang. Kali ini, diduga dengan sengaja membuang batu bara dan dikhawatirkan membawa dampak lingkungan yang fatal.

“Dari kejadian ini, belum tampak dampaknya terhadap lingkungan, namun di bawah air sudah dipenuhi batu bara,” terangnya.

Terpisah, Kepala Desa Pasar Ketahun, Djauhari, belum menegaskan masalah sanksi. Pasalnya sesuai aturan, meski telah terbukti ada pembuangan batu bara namun tidak ada hasil uji labor dari pihak berwenang, desa hanya bisa pasrah dari dampak yang bisa saja akan timbul nantinya.

“Belum ada kepastian, kemungkinan seperti yang sudah pernah terjadi PT Injatama akan dipanggil dan disanksi adat,” kata kades. (hdj)

Tonton video di bawah ini: