Tahun Ini, Krisis Listrik Teratasi

MUKOMUKO RU.ID – Pemkab Mukomuko optimis, krisis listrik yang terjadi di daerah ini daopat teratasi di tahun 2022 ini. Sebelumnya, Bupati Mukomuko, H. Sapuan, SE, MM, Ak, CA, CPA mengaku telah berkoordinasi dengan PLN terkait solusi untuk mengatasi krisis listrik yang terus menerus dikeluhkan oleh masyarakat. Hasil koordinasi, tahun ini pihak PLN siap memasok kebutuhan listrik bagi masyarakat.

“Pihak PLN siap. Dan diharapkan, tahun ini sudah koneksi antara PLN Sumatera Bagian Tengah. Jadi bukan Sumatera Bagian Selatan, karena yang kita tahu selama ini dengan Sumbagsel,” kata Sapuan.

Dijelaskan Bupati, selain pihak PLN siap, dari hasil koordinasinya dengan pihak PLN, untuk tahun ini akan diproyeksikan dengan Sumatera Bagian Tengah soal pemasangan jaringan listrik yang berjarak 270 kilometer sebelah Utara Kota Bengkulu. Dan di awal bulan Desember 2021 lalu, pemerintah daerah telah mengundang pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah ini terkait dengan koneksi listrik dengan Sumatera Bagian Tengah. Karena sebanyak 19 tower PLN yang dilewati oleh tower tersebut, merupakan lahan Hak Guna Usaha (HGU) milik perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA). Selain itu, kata Sapuan, ada sekitar 6 – 7 tower yang melewati lahan perkebunan kelapa sawit milik masyarakat petani.

“Beberapa tower yang lewat di lahan masyarakat, perlu kita berunding kembali untuk percepatan pembebasan penggunaan lahan kebun milik masyarakat,” tegasnya.

Jika perundingan dan pembebasan lahan kebun milik masyarakat cepat selesai, pihaknya punya target pertengahan tahun ini atau bulan September 2022, daerah ini sudah terkoneksi dengan jaringan Sumatera Bagian Tengah. Untuk itu, semua pihak, terutama perusahaan dan masyarakat yang memiliki lahan yang dilewati tower milik PLN untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Tujuan kegiatan koneksi jaringan listrik di Mukomuko dengan Sumatera Bagian Tengah, untuk mengatasi krisis listrik yang selama ini sudah dikeluhkan masyarakat,” ujarnya. (rel)

__Terbit pada
22 Januari, 2022
__Kategori
News