Suksesi SDGs, Kades dan Kasi Pemdes Dilatih

PADANG JAYA RU – Selain acara Monitoring dan Evaluasi (monev) Administrasi Pemerintahan Desa dan Dana Desa Tahun Anggaran 2021, Rabu (19/5) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) untuk relawan pemutakhiran data dalam suksesi Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

Camat Padang Jaya, Syarifah Inayati, SE di hadapan peserta yang terdiri dari Kepala Desa dan Kasi Pemerintahan Desa mengatakan, kegiatan ini merupakan pembekalan untuk petugas yang nantinya sebagai garda terdepan dalam pendataan.

Camat berharap, peserta dapat mengikuti dan menyimak materi yang diberikan oleh narasumber, sehingga nantinya pendataan bisa berjalan.

“Pendataan saat ini sedikit beda dan rumit, jadi peserta harus menyimak dan mengikuti hingga selesai, agar pelaksanaannya nanti tidak ada kendala,” tegasnya.

Sementara Tenaga Ahli Kabupaten Bengkulu Utara, Oni Wahyudi menjelaskan, Program SDGs Desa adalah upaya terpadu mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, untuk percepatan pencapaian pemerintah dalam evaluasi pembangunan.

Dikatakannya, pembangunan berkelanjutan dan mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera, mandiri secara ekonomi, mampu mengikuti pendidikan dan terjamin kesehatannya merupakan gol dari program ini.

“SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021,” katanya.

Pantauan radarutara.id di lokasi, kegiatan yang digelar selama tiga hari kedepan itu diikuti oleh 12 kepala desa didampingi kasi pemerintahan desa. (mrg)