Suka Makmur Salurkan BLT-DD Tiga Bulan

MARGA SAKTI SEBELAT RU.ID – Meskipun sempat terlambat, kerja keras yang dilakukan oleh jajaran Pemdes Suka Makmur Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) untuk melakukan serapan anggaran di tahap I TA 2022 telah membuahkan hasil.

Kamis (12/5) bertempat di aula Kantor Desa Suka Makmur, melibatkan tripika kecamatan dan lembaga BPD. Pemdes Suka Makmur berhasil merealisasikan penyaluran program BLT-DD-nya untuk jatah tiga bulan pertama yakni Januari sampai Maret kepada 146 KPM dengan total bantuan sebesar Rp 900 ribu/KPM. Tidak ada kendala berarti, jalannya proses penyaluran yang sempat dibagi menjadi dua sesi dalam rangka menghindari kerumunan, ini pun berhasil dilaksanakan dengan lancar dan aman.

Ada proses yang harus kita lalu. Sehingga penyaluran BLT-DD di desa kita sempat terlambat dibanding desa lainnya. Namun kita bersyukur, akhirnya kendala-kendala itu berhasil kita lalui dan hari, ini (kemarin, Red) kita langsung realisasikan penyaluran BLT-DD kepada 146 KPM yang berhak menerimanya,” ujar Pj Kades Suka Makmur, Pasaoran Nahampun, S.Kep.

Dijelaskan Parsaoran, pelaksanaan program BLT-DD yang di realisasikan oleh desa pada TA 2022, ini telah disesuaikan dengan program kerja yang sebelumnya diproyeksikan oleh pemerintah pusat. Dimana dalam TA, ini minimal desa harus bisa menyerap anggaran DD 40 persen untuk mendukung pelaksanaan program BLT-DD dalam rangka pemulihan ekonomi masyarakat pasca pandemi Covid-19.

Setelah melalui proses pendataan hingga validasi berulang-ulang. Akhirnya kita dapatkan 146 KPM yang kita anggap layak untuk mendapatkan program BLT-DD, ini,” imbuhnya.

Lebih jauh Parsaoran berharap, KPM BLT-DD di desanya agar dapat memanfaatkan bantuan tunai, ini secara bijak dalam rangka memenuhi kebutuhan pokoknya. Parsaoran, tidak ingin, bantuan yang ditujukan oleh pemerintah pusat dalam rangka mendorong pemulihan masyarakat pasca pandemi Covid-19, ini digunakan untuk hal-hal yang tidak begitu memberi manfaat.

Saya minta kepada 146 KPM agar dapat memanfaatkan program bantuan tunai, ini untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga seperti Sembako, kebutuhan berobat dan keperluan dasar lainnya. Untuk penyaluran jatah bulan berikutnya akan segera kami informasikan kembali ketika proses yang harus dilalui sudah bergulir dan dana yang diperuntukan khusus BLT-DD, diterima kembali oleh desa,” demikian Parsaoran. (sig)

__Terbit pada
13 Mei, 2022
__Kategori
Ketrina