Ssst, Ada Formasi PPPK Kesehatan

ARGA MAKMUR RU.ID – Data tenaga kesehatan, kini tengah diusulkan Pemda Bengkulu Utara (BU) lewat Dinas Kesehatan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Proses ini, sebagai persiapan usulan pengadaan pegawai jalur PPPK, yang rencananya bakal digelar tahun depan.

Kadis Kesehatan BU, Samsul Ma’arif, SKM, M.Kes, saat dikonfirmasi, belum memastikan adanya formasi nakes. Tapi, dia tak mengelak, sudah mengirim data-data ke Kemenkes secara online, menindaklanjuti rencana Kemenkes terkait pengadaan pegawai baik jalur tes calon ASN dan PPPK.

“Belum ada formasi. Baru input data online,” kata Samsul, kemarin.

“Kita sudah mendata semua nakes yang sudah bekerja di instansi pemerintah dengan kondisi mereka selaku THL,” imbuh Nova Hendriyani, Sekretaris Dinkes, menjelas.

Disinggung perihal kebutuhan formasi nakes untuk dapat ditugaskan di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes)? daerah belum mengabarkan soal ini. Hanya saja, berkaca dengan hasil pengadaan ASN lalu, terdapat kekosongan formasi, lantaran tak terisi.

“Belum tahu,” jawab Samsul.

Via kanal resminya, Kemenkes mengabarkan, pemerintah berencana mengangkat nakes non ASN sebagai PPPK. Setidaknya ada 18 kualifikasi nakes yang digamblangkan pemerintah.

“Sudah lebih dari 200 ribu, nakes honorer yang telah mendaftar..,” ujar Kemenkes lewat laman instagram resminya @kemenkes_ri dengan centrang biru delapan hari lalu. (bep)

Berikut beberapa kriteria nakes yang bakal masuk dalam gerbong prioritas.
1. Termasuk dalam 30 Jabfung Kesehatan (Perpres 38/2020)
2. Bekerja di fasilitas kesehatan milik provinsi, kabupaten/kota
3. Memiliki STR aktifaktif
4. Minimal D3 Kesehatan dan sudah terdata dalam SISDMK per 1 April 2022
5. Diusulkan oleh Pemprov atau Pemkab/Pemkot
Sumber : Kemenkes.

 

__Terbit pada
17 Mei, 2022
__Kategori
News