SMA Negeri 2 BU, Segera Buka Penerimaan Siswa Baru

ARGA MAKMUR RU – Salah satu sekolah terbaik di Provinsi Bengkulu, SMA Negeri 2 Bengkulu Utara (BU), kini membuka kesempatan bagi putra-putri terbaik daerah, untuk mengenyam pendidikan menengah atas. Sekolah yang mampu membawa ratusan peserta didiknya, tembus dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tanpa tes itu, akan segera membuka Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Tahun Pendidikan 2021/2022. Masyarakat atau sekolah di daerah yang ingin mendaftarkan anak dan anak didiknya, bisa menghubungi panitia PPDB diantaranya Rakim, S.Pd. MT.Pd (HP/WA 0812 7337 990 ), Suhari, M.Pd (HP/WA: 0812 73317466 ), Surtini, S.Pd (HP/WA : 0822 7801 9776 ) serta Erna wahyuni, S.Pd (HP/WA : 0812 9741 9488).

Kepala SMA N 2 BU, Drs Kaman, M.Pd, saat dikonfirmasi Radar Utara, menyampaikan saat ini pihaknya sudah mulai membukan PPDB dan memberikan kesempatan secara terbuka kepada masyarakat. Karena pada prinsipnya, lanjut Kaman, kesempatan mengenyam pendidikan merupakan salah satu hak warga negara yang diberikan undang-undang.

“Beberapa program, mulai dari adanya keringanan biaya pendidikan oleh sekolah hingga usulan program beasiswa tidak mampu dan beasiswa lainnya, juga menjadi fokus penyelenggaraan pendidikan oleh kami,” ungkapnya, kemarin.

Disinggung soal torehan prestasi, mulai akademik dan non akademik hingga mampu mengantarkan ratusan peserta didiknya, berhasil masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) bonafit di Indonesia sejak 5 tahun terakhir? Kaman turut menjelas kiat-kiatnya yang mungkin bisa disadur oleh sekolah di daerah.

Drs Kaman, M.Pd

Ternyata, Kaman yang membawa SMAN 2 BU moncer di level provinsi dan nasional itu, menyampaikan pihaknya membentuk tim yang khusus membidangi soal ini. Kerjanya, terus dia, dimulai sejak PPDB, pelaksanaan kegiatan belajar-mengajar, evaluasi hingga melakukan mapping kemampuan akademik siswa, untuk dapat memberikan arahan dan kiat-kiat memilih jurusan yang dibidik sejak jauh-jauh hari di sebuah PTN.

“Tim ini pun mendesain adanya kompetisi antar siswa-siswi. Karena bagaimana pun, kompetisi menjadi syarat mutlak, dalam perebutan kuota yang dibuka oleh PTN setiap tahunnya dalam SNMPTN. Memotivasi anak untuk menggenjot kemampuannya dipadu dengan kerja-kerja terukur oleh tim, menjadi salah satu upaya kami,” papar Kaman, beberapa waktu di kantornya.

Turut disampaikannya pula, kerja tim yang dibentuknya itu, turut melakukan verifikasi kondisi peserta didik hasil PPDB. Mapping secara komprehensif ini, terus Kaman, sebagai langkah untuk bisa memetakan potensi-potensi sampai dengan persoalan peserta didik, untuk kemudian menjadi kerja lanjutan oleh sekolah.

Hal ini, lanjutnya, sampai dengan melakukan verifikasi secara faktual kondisi perekonomian peserta didik. Maklum, SMA N 2 BU, juga memberlakukan subsidi biaya pendidikan bagi peserta didik yang kurang mampu. Tujuannya, terus Kaman, agar proses 3 tahun mengenyam pendidikan oleh para peserta didiknya, betul-betul bisa dilalui dengan fokus dengan harapan, torehan akademik yang baik serta mampu bersaing dalam kompetisi sesuai bidang serta berkompetisi dalam perebutan slot-slot kuota masuk PTN tanpa tes.

“Syaratnya adalah peserta didik itu sendiri mau belajar dan serius. Karena pemerintah, sudah sangat memberikan kemudahan di sektor-sektor pendidikan. Tinggal lagi motivasi peserta didik itu sendiri. Karena selain usulan beasiswa, kami pun turut memberikan subsidi dengan persentase tertentu kepada peserta didik sesuai dengan kondisi perekonomian keluarganya,” tandas Kaman. (bep)


Berikut Keunggulan SMA N 2 Bengkulu Utara:

1. Dalam lima tahun terakhir siswa kelas XII terbanyak se-Kab. Bengkulu Utara bahkan se-Provinsi Bengkulu diterima di Perguruan Tinggi Negeri tanpa tes (jalur SNMPTN, PMDP, vokasi, dan SPAN PTKIN) diantaranya Unand, UNP, Unsri, Unib, Itera, UPN Yogyakarta, Univ Udayana, Politeknik, Poltekes, dengan rincian jumlah yang diterima sebagai berikut :

a. Tahun 2017 berjumlah 67 siswa
b. Tahun 2018 berjumlah 93 siswa
c. Tahun 2019 berjumlah 80 siswa
d. Tahun 2020 berjumlah 100 siswa
e. Tahun 2021 berjumlah 135 siswa (lengkap lihat pengumuman PPDB di koran)

2. Memiliki prestasi akademik dan non akademik di tingkat kabupaten dan propinsi bahkan tingkat Nasional.

3. Pengolahan nilai raport siswa secara online (e-raport).

4. Penilaian Harian (PH), Penilaian Tengah Semester (PTS), Penilaian Akhir Semester (PAS) berbasis komputer dan /HP android.

5. Sebanyak 8 orang guru memperoleh nilai Uji Kompetensi Guru (UKG) tertingi tingkat kabupaten Bengkulu Utara.

6. Memiliki komputer/laptop sebanyak 150 unit dan HP android /tablet sebanyak 250 buah.

7. Memiliki 7 ruang laboratorium lengkap dengan isinya (laboratorium : Komputer, Bahasa, IPS, Fisika, Kimia, Biologi) dan memiliki ruang Multimedia.

8. Adanya infak guru setiap bulannya diperuntukan bagi siswa yang tidak punya sepatu, tas, buku tulis, pakaian seragam dan lain-lain.