Se-Indonesia, Lebong Peringkat 8 Pelayanan Publik

LEBONG RU.ID – Pemkab Lebong peringkat 8 dalam kepatuhan standar pelayanan publik se-Indonesia. Ini berdasar, sesuai dengan survei penilaian kepatuhan standar pelayanan publik terhadap masyarakat di Tahun 2022, oleh Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu.

Pantauan Radar Utara, atas prestasi yang diraih Pemkab Lebong ini, ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan predikat kepatuhan tinggi pelayanan publik oleh Ketua Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu, di gedung Graha Bina Praja Setdakab Lebong, Kamis (13/1) kemarin. Bupati Lebong, Kopli Ansori mengamini prestasi yang telah di dapat Pemkab Lebong di awal tahun 2022 ini.

“Ya, hari ini (kemarin, red) Kabupaten Lebong lagi berbahagia dan berbangga sekali atas capaian prestasi dan Pemkab Lebong dinobatkan 8 besar se-Indonesia dalam kepatuhan standar pelayanan publik,” ucap Kopli, kemarin.

Atas capaian prestasi ini, ia pun turut mengucapkan, terimakasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Lebong, para Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Khususnya, leading sektor dari Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong, Dinas PTSP, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

“Hari ini saya tidak membicarakan kekurangan. Intinya saya sangat berbahagia. Terkhusus untuk Ombudsman saya mengucapkan terima,” sampainya.

Terlebih, Kopli mengaku, tidak terbayangkan Pemkab Lebong dapat meraih peringkat ke 8 nasional. Karena, sambung Kopli, Kabupaten Lebong sebelumnya pernah mendapat peringkat 14 terakhir.

“Saya pikir pada saat itu tantangan saya berat. Ternyata saya bawa enjoy dengan OPD berbahagia memberi support dan dukungan. Saya selalu hadir di tengah-tengah dan kami tingkatkan komunikasi, sehingga alhamdulilah Kabupaten Lebong dapat penilaian poin 97, 65 dan mendapat peringkat ke 8 nasional. Kita selalu di zona hijau tentang bagaimana pelayanan publik terhadap masyarakat,” tukas Kopli.

Sementara itu, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu, Herdi Puryanto menyampaikan, berkat komitmen pimpinan yang kuat, dan kerjasama yang baik, solidaritas yang bagus antar OPD di lingkungan pemerintah daerah.

“Capaian Lebong dari 2021 luar biasa bagus. Saya apresiasi betul Lebong mendapat peringkat ke 8 nasional dari 416 kabupaten di Indonesia yang dinilai, dengan capaian poin yang cukup tinggi di angka 97 ke atas. Ini suatu capaian yang sangat tinggi terkait variabel utama yang kita lihat kepatuhan standar layanan di OPD dalam pelayanan publik,” pungkasnya. (oce)

__Terbit pada
14 Januari, 2022
__Kategori
News