Realisasi Padat Karya PISEW di Padang Jaya Memuaskan

PADANG JAYA RU.ID – Program Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PISEW) yang dicanangkan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya kembali menyasar ke Kabupaten Bengkulu Utara.

Semua ini tak lain berkat kerja keras Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dalam menyerap program dari pusat, sebagai upaya percepatan pembangunan di Bengkulu Utara.

Serah terima pembangunan gedung UMKM kepada Kades Padang Jaya dan Sido Mukti

Setidaknya ada 4 titik program kegiatan PISEW yang dilaksanakan di Kabupaten Bengkulu Utara ditahun 2021. Meliputi kawasan Kecamatan Padang Jaya, Giri Mulya, Pinang Raya dan Marga Sakti Sebelat.

Jumlah kegiatan ini menjadi program PISEW terbanyak di Provinsi Bengkulu. Hal ini tegaskan langsung oleh Tenaga ahli PISEW Balai Prasarana Permukiman wilayah Provinsi Bengkulu (BPPW) PUPR Provinsi, M. Rikhman. S,ST saat melakukan kunjungan kerja Proyek PISEW berbasis kawasan di Kecamatan Padang Jaya. Senin (14/9/21).

Peninjauan realisasi pembangunan gedung UMKM oleh BPPW

“Bengkulu Utara merupakan salah satu kabupaten yang mendapatkan program PISEW terbanyak di Provinsi Bengkulu. Kami melihat Kepala Daerahnya sangat mendukung dan sering sekali melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat,” katanya.

Ia juga menambahkan, untuk wilayah Kecamatan Padang Jaya sendiri. Tahun 2021 ini merupakan kali ke empatnya mendapatkan program yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat.

“Di kawasan Padang Jaya memang rutin mengajukan usulan. Program yang dilaksanakan juga selalu memuaskan. Jadi pemerintah pusat tidak ragu untuk menggelontorkan program ke wilayah Padang Jaya,” jelasnya.

Program PISEW di wilayah Kecamatan Padang Jaya ditahun 2021 ini, secara spesifik di laksanakan di Desa Padang Jaya, yaitu berupa pembangunan gedung UMKM dengan total anggaran sebesar kurang lebih Rp 600 juta.

“Alhamdulillah, pembangunannya sudah rampung dan saat ini secara resmi sudah kami serahkan Kepada Pemerintah Desa Padang Jaya dan Desa Sido Mukti selaku penerima program. Dan harapan kami, keberadaan gedung UMKM ini untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk menunjang kemajuan wilayah,” harapnya.

Ia juga menilai pembangunan yang dilaksankan di kawasan Padang Jaya ini sangatlah memuaskan. Pembangunan yang dilaksanakan melalui skema Padat Karya Tunai (PKT) itu melebihi ekspetasi dari Rancangan Anggaran Biaya (RAB) pemerintah pusat.

“Ini bakal menjadi nilai plus dalam penilaian. Sebab, selain pembangunan sesuai dengan RAB banyak item pembangunan tambahannya yang dilaksanakan secara swadaya,” bebernya.

PISEW sendiri merupakan salah satu program pemerintah pusat yang bertujuan untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah (kabupaten, kecamatan dan desa) serta memperkuat kelembagaan masyarakat di tingkat desa.

Sementara itu, Kepala Desa Padang Jaya, Karyadi mengaku sangat bersyukur telah dipercaya untuk mendapatkan program PISEW sebesar Rp 600 juta ini. Ia mengaku, semua fasilitas yang telah dibangun itu nantinya akan dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Alhamdulillah, program ini sangat bermanfaat sekali bagi kami masyarakat Desa Padang Jaya dan juga Desa Sido Mukti. Mudah-mudahan kedepan bisa mendapatkan program serupa. Sebab, kami sangat membutuhkan program seperti ini, mengingat anggaran dana desa yang masih terbatas,” tutupnya.(sfa/adv)