Ratusan Personel Polisi Bakal Dikerahkan Untuk Pengamanan Pilkades

MUKOMUKO RU.ID– Polres Mukomuko Polda Bengkulu bakal mengerahkan sekitar 210 orang personilnya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) selama pelaksanaan pilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahun 2021 ini.

Kapolres Mukomuko, AKBP. Witdiardi, S.IK, MH menegaskan, sebanyak 47 desa yang masuk dalam target pengamanan dari mulai tahapan hingga paripurnanya nanti.

“Untuk tahapan awal ini, kami sudah tugaskan para Bhabinkamtibmas melakukan pengawasan dan penjagaan. Sedangkan pada saat hari pilihan nanti, kita turunkan 2/3 kekuatan atau sebanyak 210 orang personil,” kata Kapolres, dikutip dari SKH Radar Utara (16/9).

Saat disinggung desa yang dianggap paling rawan konflik Pilkades, Kapolres belum dapat membeberkan lantaran personilnya masih melaksanakan pendataan di lapangan. Namun begitu, antisipasi terjadinya konflik Pilkades harus dilaksanakan. Apalagi aturan Pilkades tahun ini adanya pembatasan jumlah calon terbanyak dan jumlah calon paling sedikit.

“Kalau tidak salah, ada aturan pembatasan jumlah calon kades. Jumlah paling banyak 5 orang dan paling sedikit 2 orang. Khawatir kita, bagaiaman jika ada salah satu desa yang calonnya lebih dari 5 orang. Sedangkan syarat mereka lengkap seluruhnya. Nah, hal inilah yang perlu kita antisipasi,” terangnya.

Kapolres mengimbau kepada masyarakat khususnya di 47 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades 1 November 2021 mendatang untuk tetap bisa menjaga Kamtibmas. Menjaga Kamtibmas ini, bukan hanya tugas Polri saja, tetapi menjadi tanggung jawab bersama. Begitu juga dengan panitia pilkades, agar dapat netral dengan tidak berpihak kepada salah satu calon kades. Sebab tindakan itu, juga menjadi pemicu konflik.

“Mudah – mudahan pelaksanaan Pilkades serentak nanti berjalan lancar, aman dan tertib,” harap Kapolres. (rel)