Pola Pendampingan Orang Tua Terhadap Anak di Masa Pandemi


Oleh: Ulfa Hanim Mauludiyah, S.Pd

HAMPIR satu tahun sudah, kita semua berada pada kondisi yang sangat membuat saya pribadi merasa sangat sedih. Bagaimana tidak, pandemi Covid-19 tak kunjung selesai.

Pandemi ini sangat berdampak buruk pada semua kegiatan. Bukan hanya di sektor perekonomian, namun sektor pendidikan yang menjadi bagian pokok penyiapan generasi bangsa pun ikut terdampak. Sebagai guru sekaligus orang tua atas anak yang sedang menempuh pendidikan, saya memiliki keprihatinan yang sangat mendalam.

Bagaimana tidak? Meski pandemi Covid-19 masih terus menghantui, namun pendidikan, pendampingan, bimbingan untuk menyiapkan generasi bangsa harus tetap berjalan dan tak boleh berhenti. Maka, inilah waktunya orang tua memiliki pola atau strategi dalam pendampingan belajar. Meski banyak kendala, tanggung jawab dan amanah yang telah diberikan kepada orang tua harus dijalankan. Tentu dengan kolaborasi yang baik, antara guru dan orang tua.

Di masa seperti inilah, orang tua bersama guru harus dapat meluangkan waktu yang sangat panjang untuk anak. Terutama dalam hal pendampingan dan pengasuhan belajar. Adapun sikap yang hendaknya menjadi acuan selama pendampingan diantaranya;

1. Penerimaan yang Tulus

Dimaksudkan bahwa kita harus dapat bersyukur dan menerima segala yang ada pada diri anak dengan ikhlas dan berusaha untuk mengembangkannya dengan pembimbingan dan pengasuhan yang baik.

Memaafkan
Orang tua adalah sebaik-baik orang yang harus memberikan bimbingan. Maka, apapun kesalahan anak harus dapat dimaafkan oleh orang tua dengan cara-cara yang baik.

Tidak membebani
Anak jangan terus menerus dibebani dengan berbagai tugas yang nantinya justru memberatkan anak.

Tidak memaki
Hindari sikap yang selalu memarahi. Baik itu yang disengaja atau tidak. Jika tidak sengaja, maka segera ingatlah untuk tak memaki dan meminta maaf pada anak. Ini akan mengajarkan pada anak untuk berbesar hati dan tak mengikuti kesalahan

2. Kepedulian

Sediakan Waktu
Sebagai guru sekaligus orang tua harus dapat membagi waktu dan benar-benar dapat menyediakan waktu luang khusus untuk anak.

Libatkan diri
Meski tidak dalam semua kegiatan. Namun, kita sesekali harus dapat melibatkan diri pada kegiatan yang dilakukan anak.

Beri perhatian
Anak butuh perhatian dari orang tua. Selalu beri motivasi dan penguatan pada setiap hal yang dilakukan.

Demikianlah kiat-kiat yang dapat menjadi acuan orang tua selama melakukan pendampingan dan pengasuhan terhadap anak selama masa pandemi Covid-19. Semoga, segala upaya membuahkan hasil yang baik demi anak-anak bangsa.


**) Penulis adalah Guru di TK Cempaka Air Muring, Putri Hijau