Pilkades Sebayur dan Muara Santan Terancam Ditunda

PINANG RAYA RU.ID – Pelaksanaan Pilkades di Desa Air Sebayur Kecamatan Pinang Raya periode 2022-2028 gelombang I, berpeluang ditunda hingga periode kedua tahun 2025 mendatang. Ini terjadi dikarenakan hingga akhirnya waktu pendaftaran Pilkades yang dibuka oleh PPKD, Kamis (19/5) lalu. Belum satu pun bakal calon kepala desa (Balon Kades) yang datang ke PPKD untuk mendaftarkan diri.

Akibatnya, PPKD Air Sebayur berencana akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran Balon Kades sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

“Dari 10 desa sampai sekarang, hanya Desa Air Sebayur yang belum ada Balon Kades yang mendaftar sehingga masih kosong. Panitia akan melakukan perpanjangan waktu pendaftaran hingga tanggal 8 Juni,” ujar Camat Pinang Raya, M Irfan, S.Sos.

Diungkapkan Irfan, sesuai aturan yang tertuang di dalam Perbup nomor 5 tahun 2022 tentang Pilkades, bila dalam waktu pendaftaran di gelombang pertama Balon Kades yang mendaftar masih kosong atau hanya terdapat satu Balon Kades, panitia wajib melakukan perpanjangan sesuai batas waktu yang ditentukan.

“Minimal harus diikuti dua Balon Kades, maksimal Lima Balon Kades. Kalau waktu perpanjangan pendaftaran, Balon Kades yang mendaftar belum memenuhi batas minimal dan maksimal atau tidak ada yang mendaftar, terpaksa ditunda sampai gelombang II tahun 2025. Tapi harapan kita jangan sampai tertunda,” pinta Camat.

Terpisah, Camat Napal Putih, M Abduh Sadat, M.Pd melalui Kasi Pemerintahan, Misbansyah membenarkan, khusus Pilkades di Desa Muara Santan, baru diikuti oleh satu Balon Kades. Sementara untuk pendaftaran di enam desa lainnya tidak ada kendala berarti.

“Untuk pendaftaran Pilkades di Muara Santan akan diperpanjang. Kalau dari perpanjangan tetap hanya ada satu Balon Kades, bisa ditunda periode kedua. Sedangkan satu desa lainnya seperti Desa Air Tenang, akan dilakukan seleksi karena jumlah Balon Kades lebih dari lima. Untuk lima desa lainnya sudah cukup dan tidak ada kendala berarti,” demikian Misbansyah.(sig)

__Terbit pada
21 Mei, 2022
__Kategori
Ketrina