Persiapan Ibadah Haji Harus Ngebut

BENGKULU RU.ID – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) harus sedikit ngebut dalam mempersiapkan keberangkatan para Calon Jemaah Haji (CJH) untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah tahun ini. Ini disampaikan Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Dr. H. Zahdi Taher melalui Kabid PHU, Dr. H. Intihan, Jum’at (20/5).

“Persiapan para CJH di kabupaten/kota masih berproses secara maraton, dan saat ini tengah melakukan tahapan manasik haji. Persiapan ini harus ngebut, karena waktu mepet. Ditambah lagi anggaran PKOH juga baru dikeluarkan. Meskipun demikian persiapan harus optimal,” ungkapnya didampingi Subordinator Seksi Pendaftaran dan Dokumen Haji, H. Allazi, SE.

Disinggung soal keberangkatan, Allazi mengestimasikan dibagi dalam beberapa kloter. Untuk pemberangkatan kloter pertama Bengkulu diestimasi 8 Juni mendatang. Pada kloter pertama berasal dari Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Lebong, Bengkulu Selatan dan Kaur dengan jumlah sebanyak 389 CJH ditamah 4 petugas pendamping.

Sedangkan sisanya, lanjut Allazi, yakni asal Bengkulu Utara, Mukomuko, Rejang Lebong, Kepahiang dan Seluma pemberangkatan kloter kedua Bengkulu.

“Untuk jumlah total asal Provinsi Bengkulu yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun ini sebanyak 747 CJH. Kloter pertama itu masih asrama haji tanggal 8 Juni dan kloter kedua 9 Juni,” katanya.

Lebih jauh dikatakannya, persiapan dokumen para CJH, sampai dengan saat ini sudah mencapai 90 persen. Dimana dokumen ini sudah menggunakan sistem digital.

“Sedangkan untuk pencetakan visa tetap dilakukan di Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Namun nantinya dokumen ini tetap dikoreksi terlebih dahulu oleh pusat,” tutup Allazi. (tux)

__Terbit pada
21 Mei, 2022
__Kategori
News