Perlunya Pengenalan Komputer Pada Anak Usia Dini dalam Menghadapi Abad 21


Oleh: Sri Widyastuti,S.Pd

TEKNOLOGI telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari semua aspek kehidupan manusia. Hampir dalam semua kegiatan ,manusia memanfaatkan teknologi baik yang sederhana maupun yang canggih.

Penciptaan teknologi sesuai dengan esensinya, dilakukan untuk memudahkan hidup manusia. Walaupun mampu memberikan kontribusi positif, dampak dari penciptaan sebuah teknologi sering pula memberi warna negatif terhadap hidup manusia.

Manusia harus memandang teknologi sebagai sesuatu yang bersifat netral yakni sarana yang dapat membantu untuk melaksanakan tugas dan aktivitas pekerjaaan. Demikian pula halnya dengan komputer yang merupakan teknologi yang berkembang pesat, yang terbukti telah banyak membantu meningktkan kinerja manuasia.

Guru dan pendidik perlu menyiapkan peserta didik agar mengenal penggunaan teknologi komputer. Pengenalan Teknologi komputer sejak usia dini akan mendorong anak untuk berani menggunakannya.

Di masa depan perkembangan teknologi komputer akan berlangsung sangat pesat. Hal ini mengharuskan masyarakat untuk lebih mengenal bahkan mampu memanfaatkan teknologi tersebut dalam aktivitas kehidupan mereka supaya di masa depan mereka akan lebih mampu menguasai teknologi yang diperlukan untuk mendukung penyelesaian tugas dan pekerjaan.

Untuk mencapai sasaran ini guru perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan komputer dan juga kemampuan mengajarkan teknologi tersebut kepada peserta didik. Adapun alasan-alasan yang melatarbelakangi perlunya pembelajaran pengenalan komputer pada anak usia dini yaitu:

A. Era teknologi informasi

Alvin Tovler, seorang ilmuan dan futuris terkemuka mengemukakan tiga gelombang penting dalam perkembangan peradaban manusia yakni:

1. Gelombang pertama,Teknologi pertanian
2. Gelombang kedua,Teknologi Industri
3. Gelombang Ketiga, Teknologi elektronik

Setiap tahap perkembangan memiliki karakteristik penting yang menandai era tersebut dan pada setiap era tergambar pola perilaku yang menonjol dan penggunaan teknologi untuk melakukan kegiatan.

Era berkembangnya teknologi elektronik ditandai dengan frekuensi pertukaran informasi yang tinggi dan berlangsung cepat. Masyarakat pada tahap ini menganggap informasi sebagai kekuatan atau power yang menentukan banyak aspek kehidupan manusia .Siapa yang menguasai informasi dialah yang menjadi pemenang dan teknologi elektronik seperti perangkat komputer telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia.

B. Mengenalkan teknologi komputer pada anak usia dini

Sebagai sebuah teknologi penggunaan komputer untuk keperluan pembelajaran tentunya memiliki kelebihan dan keterbatasan.Adapun kelebihan komputer sebagai sarana belajar dan pembelajaran adalah mampu memberikan pengalaman belajar yang variatif karena program komputer mampu menyajikan informasi dalam format multimedia dengan menggunakan beberapa pendekatan seperti permainan, simulasi,dan presentasi ,komputer dengan kemampuan multimedianya mampu memperlihatkan objek yang realistik dan dapat digunakan untuk melatih kemampuan individu dalam berfikir secara logis dan sistematis.

Sedangkan keterbatasan dalam program komputer yaitu hanya efektif digunakan dalam mencapai tujuan pembelajaran kognitif atau kemampuan intelektual dan kurang tepat digunakan untuk pembelajaran tentang sikap dan keterampilan motorik.Hal tersebut perlu dipertimbangkan untuk dapat menciptakan pembelajaran yang mampu mengenalkan anak pada teknologi komputer serta mengenal karakteristik anak usia dini yang menurut ahli pendidikan terkemuka piaget berada pada tahap perkembangan kognitif praoperasional.

Kesimpulan

Untuk dapat mengenalkan teknologi komputer pada anak usia dini guru perlu memiliki pengetahuan yang baik tentang potensi teknologi komputer sebagai sarana pembelajaran ,karakteristik anak usia dini dan metode pembelajaran yang tepat. Sebagai sebuah perangkat dan teknologi ,komputer memiliki sejumlah potensi yang dapat dimanfaatka n dalam kegiatan belajar,selain itu komputer juga memiliki beberapa keterbatasan dan paa sarnya anak merupakan pembelajar yang hebat. Mereka memanfaatkan seluruh tubuh dan indera untuk melakukan kegiatan belajar.


**) Penulis adalah Pengajar TK Theobroma, IKI, PTPN 7 Unit Usaha Ketahun