Pengunjung Pantai Puyang Ranggo Diminta Tetap Patuhi Prokes

AIR NAPAL RU – Meski libur lebaran Idul Fitri telah berlalu. Namun, keberadaan pantai Nangai  Puyang Ranggo yang sebelumnya sempat ditutup, mulai ramai lagi dikunjungi warga.

Camat Air Napal, Supandi, SH yang juga Ketua Satgas Covid-19 mengatakan, untuk saat ini memang kawasan wisata sudah mulai bisa dibuka kembali. Hal itu, mengacu pada surat edaran dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkulu Utara. Oleh karena itu, memang tidak ada larangan bagi warga untuk berkunjung ke lokasi wisata Pantai Nangai. Hanya saja dengan catatan, tetap dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Yang tidak diperbolehkan itu, pada saat lebaran. Tepatnya, H+1 hingga H+4 Idul Fitri. Sebab, dikhawatirkan bakal menjadi klaster penularan Covid-19. Itu karena dikhawatirkan warga luar ikut datang,” jelasnya.

Hanya saja, menurut Supandi, untuk saat ini karena libur lebaran telah usai. Kalaupun ada pengunjung wisata. Mereka semua merupakan warga sekitar saja.

“Jadi potensi penularan Covid-19 sudah lebih kecil. Karena yang berkunjung warga sekitar saja,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tepi Laut, Zakaria, S.IP ketika dikonfirmasi RU mengenai wisata pantai di desanya mengaku belum mengetahui secara persis kondisi wisata di desanya itu, apakah ramai dikunjungi warga atau tidak. Pihaknya mengaku saat ini tengah berada di luar daerah.

“Lagi di jalan sekarang. Nanti, akan kami chek melalui perangkat desa dulu. Yang jelas, kemarin, sudah pernah kita tutup untuk menghindari kerumunan warga selama libur lebaran,” singkatnya. (sfa)