Pendataan SDGs Desa Banyumas Tuntas Tepat Waktu


KERKAP RU – Pemerintah Desa Banyumas, Kecamatan Kerkap, Kabupaten Bengkulu Utara melaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) Penetapan Hasil Pemutakhiran Data Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tahun 2021 di Balai Desa Banyumas, pada Kamis (17/6/2021).

Musdesus dipimpin Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Banyumas, Indra Nandi dan dihadiri oleh Camat Kerkap, Novi Indra, S.Sos, Kapolsek Kerkap, IPTU. Ratno, SH Bhabinsa Koramil Kerkap, Kepala Desa Banyumas, Samidi Pendamping Desa Kecamatan Kerkap, perangkat desa, dan para tokoh masyarakat desa setempat.

Ketua BPD, Indra Nadi dalam sambutannya mengatakan, pemutakhiran data desa berbasis SDGs Desa adalah amanat Permendes PDT Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Selain itu, ia juga menyampaikan hasil laporan tertulis Pokja Relawan tentang hasil pendataan pemutakhiran data Berbasis SDGs Desa Banyumas yaitu, untuk pendataan tingkat desa 1, pendataan Dusun 3, pendataan KK 95 dan pendataan individu 314 jiwa.

“Alhamdulillah, setelah hampir dua bulan pendataan ini dilaksanakan. Saat ini sudah berhasil diselesaikan dengan baik,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Desa Banyumas, Samidi menyampaikan terima kasih kepada para enumerator (relawan,red) yang telah bekerja keras sehingga bisa menyelesaikan pendataan sesuai jadwal yang ditetapkan Kemendes PDT.

“Tanpa kerja keras enumerator dan pendampingan dari pendamping desa dan pendamping lokal desa, tidak mungkin kita bisa menyelesaikan kegiatan sesuai jadwal,” tegasnya memberikan apresiasi.



Sementara itu, Pendamping Desa Pemberdayaan Kecamatan Kerkap, Bambang juga memberi apreasiai pada Pemerintah Desa Banyumas dan seluruh elemen di Desa Banyumas yang mendukung pelaksanaan Pemutakhiran Data IDM Berbasis SDGs Desa sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Pemutakhiran data SDGs Desa Banyumas, berjalan baik dan bisa lebih tepat waktu. Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi desa yang belum melaksanakan pemutakhiran data SDGs desa,” tandasnya. (sfa/adv)