Pemprov Siapkan Langkah Pengelolaan Pantai Panjang

BENGKULU RU.ID – Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menyiapkan berbagai langkah dalam mengelola Pantai Panjang agar tetap bersih, indah dan asri. Demikian disampaikan Sekdaprov Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si. Menurutnya, dalam pengelolaan kawasan Pantai Panjang terus diupayakan maksimal, sehingga apa yang diharapkan dari keberadaan salah satu ikon daerah tersebut bisa tercapai.

“Sejauh ini kita sudah membentuk tim untuk pengelolaan Pantai Panjang, dan sudah dipaparkan langkah progres jangka pendek dan jangka panjang. Untuk jangka pendek, bagaimana nantinya Pantai Panjang berfungsi maksimal. Dalam artian kebersihan terjaga, penerangan ada, parkir teratur, keamanan dan ketertiban terjaga,” ungkap Hamka.

Tentunya, lanjut Hamka, sembari menunggu terbitnya Hak Pengelolaan Lain (HPL) untuk kawasan Pantai Panjang dari ATR/BPN. Setelah itu baru dirancang progres jangka panjangnya. Untuk langkah-langkah yang dilakukan, sebelumnya telah dilakukan aksi bersih pantai yang melibatkan sejumlah pihak, termasuk juga masyarakat.

“Kemudian pembentukan tim itu tadi, yang mana Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi menjadi koordinator kebersihan pantai, dibantu Satpol PP yang terus melakukan patroli kebersihan di sepanjang kawasan pantai panjang. Masyarakat atau pedagang juga sudah disosialisasikan agar tetap menjaga kebersihan di sekitar pantai, kemudian Pemprov juga sudah merencanakan adanya kontainer sampah,” katanya.

Lebih jauh dikatakannya, untuk penerangan, sementara para pengguna seperti pedagang dan pengelola hotel di sekitar pantai diimbau untuk memasang lampu di depan wilayahnya masing-masing agar terlihat indah.

“Seiring dengan itu kita juga melakukan pendataan tiang milik Pemprov, dan nanti diperbaiki ataupun diganti alat baru,” singkatnya. (tux)

Tinggalkan Balasan