Pemdes Sawang Lebar Ilir Pastikan Pekan Ini Salurkan BLT

TAP RU – Jika tidak ada aral melintang, program penanganan Covid-19 untuk warga terdampak dan kurang mampu berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa bakal disalurkan oleh Pemerintah Desa Sawang Lebar Ilir, Kecamatan Tanjung Agung Palik (TAP), Kabupaten Bengkulu Utara, dalam pekan ini.

Kades Sawang Lebar Ilir, Zurbaini mengatakan, ada 104 Kepala Keluarga yang mendapat BLT di desanya ini.

“Masing-masing penerima akan kami berikan bantuan uang sebesar Rp 300 ribu per bulan dari Dana Desa,” ungkapnya.

Ia mengatakan, seharusnya penyaluran BLT ini sudah diserahkan sejak bulan Januari 2021 lalu. Hanya saja, lantaran transfer dananya terhambat, maka baru pertengahan bulan Mei ini akan disalurkan ke warga desa.

“Penyaluran yang akan kami lakukan yaitu untuk jatah bulan Januari. Meski, sekarang sudah masuk bulan kelima. Tapi penyalurannya tidak bisa sekaligus, karena anggarannya hanya bisa dicairkan untuk per satu bulan saja. Sementara, mengacu pada aturan yang ada, penyaluran BLT memang tidak bisa dirapel,” jelasnya.

Zurbaini juga mengatakan, jumlah penerima BLT di desanya itu mungkin akan mengalami pengurangan. Sebab, sejumlah penerima itu juga pihaknya daftarkan ke dalam program bantuan pemerintah pusat berupa program BPNT.

“Kalau ada yang bisa masuk program BPNT. Maka, secara otomatis jumlah penerima BLT akan berkurang juga. Mudah-mudahan ada yang lolos ke program BPNT, sehingga anggaran DD bisa di alokasikan untuk pembangunan fisik,” tandasnya. (sfa)