Objek Wisata Ditarget PAD Rp 100 Juta

ARGA MAKMUR RU.ID – Tahun ini, Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bengkulu Utara (BU) kembali menargetkan sumbangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata dengan target 100 juta rupiah. Dengan mengandalkan empat objek wisata yakni Palak Siring Kemumu, Pesanggrahan Kemumu, Hutan Kota Arga Makmur dan Tuguh Amanah Arga Makmur.

“Tahun sebelumnya hanya tiga objek wisata, tahun ini ada tambahan Tugu Amanah berasal dari sewa kontainer yang beberapa waktu lalu diresmikan,” jelas Sekdis Pariwisata BU, Nyoman Karwiyanto, S.Sos.

Diakui Nyoman, pihaknya optimis tahun ini capaian PAD akan kembali memenuhi target walaupun masih dalam masa pemulihan dari pandemi Covid-19, namun pengunjung empat objek wisata ini, masih cukup tinggi.

“Jika tahun lalu kita bisa mencapai angka 95 persen, tahun ini kita optimis capaian 100 persen bisa kita penuhi,” ungkapnya optimis.

Selain empat objek wisata tersebut, Ia juga mengatakan, semua wisata di desa dan masih di kelola secara penuh oleh pihak desa juga diharapkan bisa menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes). Nantinya, bisa langsung di kelola pihak desa maupun melalui Bumdes dan nantinya laporan terkait PADes ini bisa disampaikan ke Dispar sebagai laporan pemasukan dari objek wisata secara keseluruhan.

“Baik PAD maupun PADes, intinya semua objek wisata yang telah memiliki pengelola yang profesional bisa berkembang dan menjadi salah satu pendukung pembangunan di daerah,” tandasnya. (mae)

Tinggalkan Balasan