Dusun BerKK-26 di Situbondo, Dilirik Wisatawan Mancanegara

Dusun KK-26 kaya keunikan. Sejumlah wisatawan luar daerah maupun mancanegara mulai melirik dan mengunjungi dusun di Situbondo ini. Mereka penasaran dengan desa yang masih berjarak 7 KM dari Situbondo. Dusun itu yakni Dusun Karang Kenik Desa Olean.

“Saya sempat membaca. Katanya ada kampung yang hanya dihuni 26 keluarga,” kata Sarah, seorang bule yang mengaku asal Prancis, saat berbincang dengan detikcom, Minggu (26/9/2021).

Sarah menjelaskan, dirinya memang hendak menuju Banyuwangi. Pas melewati Situbondo, ia mencoba untuk mencari dusun unik tersebut. Ternyata ketemu. Meski dengan perjuangan ekstra, karena untuk akses ke lokasinya cukup berbelit.

“Jalan ke lokasinya cukup berbelit. Ini menarik sebagai wisata unik. Tanggapan warga juga baik. Mungkin perlu akomodasi penunjang. Biar yang ke sini makin betah,” tandas Sarah, dikutip dari SKH Radar Utara.

Secara terpisah, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Olean, Situbondo, Yudistira, mengaku jika selama ini dusun ini mulai banyak dikunjungi tamu luar daerah, bahkan wisman.

“Biasanya sekadar mampir. Karena katanya unik dan menarik. Warganya terbatas hanya 26 KK,” jelas Yudistira.

Oleh sebab itu, ke depan pihaknya bersama pemerintahan desa akan makin meningkatkan sarana yang ada. Sehingga saat orang datang ke sini, bisa banyak informasi yang didapatkan tentang dusun ini. Termasuk meningkatkan sarpras dan SDM warga.

“Kami memang tak memiliki keindahan view dan panorama. Melainkan cuma keunikan, dan suasana pedesaan,” pungkas Yudistira.

Sebelumnya, sebuah dusun di Situbondo terbilang unik dan menarik. Sebab, Kepala Keluarga (KK)-nya terbatas hanya 26. Makanya, lantas sering disebut Dusun KK-26.

Jumlah itu sebenarnya bukan diatur harus 26 KK. Tapi secara kebetulan. Tapi kalaupun suatu ketika ada tambahan KK baru, biasanya ada saja gangguan. Misalnya tetiba ada yang meninggal, sakit, atau pindah dengan sendiriya ke luar daerah. (net)