Di Puskesmas Ipuh, Terbanyak Wanita Hamil

MUKOMUKO RU.ID – Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mukomuko, angka kehamilan di Kabupaten Mukomuko mencapai 1.703 orang. Angka kehamilan ini, nyaris menyentuh setengah dari total kehamilan tahun 2020 lalu yang mencapai 4.145 orang.
“Angka kehamilan sudah mencapai 1.703 orang, namun itu jumlah komulatif,” ungkap Sekretaris Dinkes Mukomuko, Bustam Bustomo, SKM kemarin.

Ribuan angka kehamilan itu, kata Bustam tersebar di 17 wilayah kerja Puskesmas yang ada di Mukomuko. Angka kehamilan terbanyak berdasarkan jumlah secara kewilayahan terdapat di wilayah Puskesmas Ipuh yakni sebanyak 196 orang.

“Jumlah penduduknya juga banyak di Ipuh, mencapai 19.047 jiwa,” katanya.

Sementara, angka kehamilan paling sedikit terdapat di wilayah tugas Puskesmas Tunggal Jaya Kecamatan Teras Terunjam, yakni hanya 33 orang. Diikuti di wilayah tugas Puskesmas Teras Terunjam sebanyak 37 orang. “Itu kalau kita hitung berdasarkan jumlah,” jelasnya.

Sementara jika dipersetansekan, angka kehamilan tertinggi ada di wilayah Puskesmas Lalang Luas Kecamatan V Koto yakni mencapai 50 persen. Dari jumlah penduduk 7.315 jiwa terdapat kehamilan 81 orang.

“Persentase kehamilan yang paling rendah itu di wilayah Puskesmas Kota Mukomuko, hanya 27 persen,” sebutnya, dikutip dari SKH Radar Utara.

Kemudian, jika dibandingkan dengan tahun 2020 lalu, angka kehamilan di Mukomuko dalam lima bulan saja sudah nyaris menyentuh setengah dari sebelumnya.

“Kalau kita lihat statistiknya, tahun ini dengan tahun lalu tidak terlalu beda jauh. Tahun 2020 lalu per Desember angka kehamilan di Mukomuko mencapai 4.145 orang. Tahun ini sudah mencapai 1.703, hampir setengahnya. Kalau sampai Desember, bisa mencapai 4 ribuan,” pungkasnya. (rel)