Awas! Jalan Lintas Kabupaten Ini Ambrol

Tampak lubang menganga akibat ambrolnya gorong-gorong yang menopang jalan ini.

ARGA MAKMUR RU.ID – Gorong-gorong jalan yang menjadi perlintasan antar kabupaten, tepatnya di Dusun I, Desa Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara ambrol akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu.

Kades Padang Jaya, Karyadi didampingi Sekcam Padang Jaya mengatakan, gorong-gorong yang kini ambrol itu merupakan bangunan gorong-gorong yang dibangun pada tahun 1976 silam. Pihaknya memprediksi, gorong-gorong yang menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi itu tak lama lagi bakal ambrol total.

“Sekarang titik ambrolnya berdiameter sekitar 1 meter. Saya yakin, jika intensitas hujan masih tinggi. Seluruh gorong-gorong itu bakal ambrol total. Sebab, debit air bakal naik dan menggerus bantalan gorong-gorong,” kata kades.

Berdasarkan pemantauan yang dilakukan pihaknya di lapangan, gorong-gorong itu saat ini hanya ditopang dengan aspal. Sebab, penyangga gorong-gorong berukuran sekitar 3×8 meter sudah runtuh.

“Dalam waktu dekat ini kami akan menyampaikan persoalan ini ke Pemprov Bengkulu. Sebab, penanganannya harus dilakukan sesegera mungkin, mengingat akses jalan ini merupakan jalan lintas kabupaten. Dan menjadi akses vital ekonomi,” jelasnya.


Kepala Desa Padang Jaya bersama Pemerintah Kecamatan Padang Jaya saat memantau kondisi jalan.

Sementara itu, Kapolsek Padang Jaya, IPTU. Saman Saputra, SH, MH kepada RadarUtara.ID menyampaikan, titik lokasi ini merupakan jalan lintas Lebong-Bengkulu Utara, tepatnya di Desa Padang Jaya. Pihaknya mengimbau agar masyarakat yang melintas akses ini untuk selalu waspada. Sebab, jalur ini sangat rawan kecelakaan.

Bahkan, pihaknya menyikapi hal ini dengan langsung memasang garis polisi. Ini lantaran kondisinya yang sangat mengkhawatirkan.

“Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kami sudah memasang garis polisi di titik jalan ambrol itu. Sebab memang kondisinya sangat mengkhawatirkan, kalau yang tidak hafal jalan bisa terperosok,” demikian Kapolsek. (sfa)