Antrean TBS ‘Mengular’ di PKS

KETAHUN RU.ID – Hampir sepekan terakhir, antrean TBS terjadi di seluruh PKS di Kecamatan Ketahun dan sekitarnya. Panjangnya antrean TBS berdampak luas terhadap nasib TBS petani. Diantaranya, mulai diberlakukan pembatasan terhadap jumlah angkutan yang masuk ke PKS hingga membuat siklus panen TBS di tingkat petani menjadi terganggu.

“Menurut laporan seperti itu, hampir seluruh PKS terjadi antrean panjang sehingga jumlah angkutan yang masuk ke PKS setiap harinya harus dibatasi,” ujar Camat Ketahun, Nasri, S.Pd melalui Sekcam, M Taufiq, S.IP.

Taufiq tidak mengetahui persis alasan perusahaan membatasi penerimaan buah petani hingga terjadi antrean panjang di PKS. Namun menurut informasi yang Taufiq, dapatkan, diduga antrean panjang dan pembatasan TBS yang terjadi saat, ini tidak terlepas akibat stock CPO di setiap PKS yang melimpah.

“Katanya gara-gara stock CPO di pabrik melimpah dan banyaknya stock buah. Sehingga terjadi pembatasan dan angkutan yang masuk ke pabrik dibatasi,” imbuhnya.

Lebih jauh Taufiq menegaskan, pihaknya akan berusaha berkoordinasi lebih lanjut dengan pimpinan PKS yang ada di wilayah kerjanya guna mencari tahu penyebab pasti terjadinya antrean dan pembatasan TBS di lingkungan PKS sejak beberapa pekan terakhir, ini.

“Kita akan berkoordinasi ke pimpinan PKS terkait kendala yang terjadi dan sampai kapan. Karena dampak dari antrean dan pembatasan TBS di PKS, langsung bersentuhan dengan ekonomi masyarakat,” demikian Taufiq.(sig)

__Terbit pada
18 Mei, 2022
__Kategori
Ketrina